Monday, December 31, 2018

Samara, Ani, Jiyana

Samara, Ani, dan Jiyana.
Oleh : Kanzia Rahman


Samara, mendengar lagu ini secara perdana di salah satu acara musik di Depok ini membuat gue merasakan sesuatu yang lain. Sejak mendengar reff-nya, gue paham betul kalo lagu ini adalah salah satu jenis lagu yang bakal gue jadikan tulisan.


Barasuara membawakan Samara menjadi pembuka dalam setlist yang berisi sepuluh lagu malam itu. Enerjik, aktif dan lincah, pembuka yang benar-benar memberikan kesan “seru” sepanjang penampilan mereka. Tapi lebih jauh, gue memikirkan satu hal, siapa sih si Samara ini?


Dalam liriknya pun, Barasuara menyatupadukan Samara bersama Ani dan Jiyana, juga lirik yang uprising banget. Lagu ini mengingatkan gue pada album Taifun, khususnya Menunggang Badai. Barasuara memang tak pernah menjadi band tipikal kebanyakan yang lagunya berputar pada topik cinta-remaja.

Dalam Menunggang Badai, Barasuara seolah menyuarakan bahwa di dalam diri pendengar, ada dendam yang parah bersarang. Dalam Samara, Barasuara memberikan pilihan, “Kita bisa tenggelam dan bisa padam” yang secara repetitif mereka nyanyikan dari tengah hingga akhir lagu.

Gue pun melakukan pencarian atas arti nama-nama diatas. Secara kasar, Samara berarti penjaga, dilindungi Tuhan. Ani berarti kaca, Jiyana berarti kekuatan, pensyukuran. Arti-arti tersebut gue dapatkan setelah mencari dengan terms “Samara/Ani/Jiyana means”

Dan karena gagal menemukan arti harfiah dari ketiga istilah itu atau latar belakangnya, menurut persepsi gue, Samara, Ani, Jiyana adalah perwujudan dari manusia sendiri. Samara berarti manusia selalu dilindungi Tuhan dan diwajibkan untuk menjadi penjaga.

Penjaga atas apa? Atas bumi dan segala yang telah Tuhan berikan. Manusia dikodratkan untuk menjaga bumi ini, atau paling tidak memperlambat kerusakannya. Selain bumi ini, manusia juga diharuskan untuk melindungi dirinya sendiri, yang mana akan nyambung dengan arti Ani.

Ani berarti kaca, keindahan. Manusia selalu punya keindahan, hanya masalah selera yang berbeda-beda. Apa yang menurut satu mata indah, bisa berarti indah bagi mata lainnya. Semua orang diberikan keindahan.

Kaca merupakan perwujudan dari hati. Semua orang punya kerapuhan tersendiri dalam diri mereka, sekuat dan setegar apapun mereka kelihatannya, namun perasaan selalu punya cara untuk dihancurkan. Dan saat ‘kaca’ ini pecah, manusia cenderung mencari cara untuk melindungi diri mereka.

Jiyana artinya pensyukuran dan kekuatan. Dalam hal ini, Jiyana diletakkan setelah Ani, mungkin berarti seseorang akan mendapat kekuatan 
(sekaligus/dan melakukan) pensyukuran setelah Ani mereka terpecahkan. 

Kunci dari kebaikan sebenar-benarnya adalah mensyukuri apa yang telah terjadi dan menemukan cara terbaik untuk bangkit.

Dan senada dengan apa yang lagu ini sampaikan, “Kita bisa tenggelam dan bisa padam, atau bangkit berjalan lalu melawan.” Lagu Samara adalah tentang kehidupan, selalu tentang bagaimana kita menghadapi setiap masalah, dan pilihan apa yang kita ambil.

Sepanjang lagu adalah tentang emosi yang terombang-ambing saat tertimpa masalah. Pada akhirnya, kita kelak (selalu) akan sampai di titik di mana kita harus memilih, menjadi terpuruk, atau bangkit melawan.

Tapi ingat arti Samara itu sendiri, dilindungi Tuhan, dan Tuhan itu baik, jadi percayalah, tiap masalah kelak menemukan solusinya masing-masing.

Singkat, semoga tulisan terakhir gue di 2018 ini menjadi pensyukuran atas segala yang udah diberikan Tuhan sekaligus menjadi penyemangat atas segala yang menghadang di 2019.

Amin.

7 comments:

  1. terima kasih, akhirnya saya tau arti Samara Ani Jiyana. kini saya bisa tidur dengan nyenyak :)

    ReplyDelete
  2. Makasih loh dapet pencerahannya . Jadi bikin semangat lagi karpena paham maksudnya

    ReplyDelete
  3. Samara ani jiyana.

    ReplyDelete
  4. Kereen keren... thanks atas pencerahan... kalau boleh namanya, Samara kan diambil dri bahasa ibrani. Kalau ani dan jiyana diambil dri bahasa mana?

    ReplyDelete
  5. Kereeen kereeeen, punya makna dalem ternyata lagu ini

    ReplyDelete
  6. Terima kasih min, jadi tahu artinya, keren emang liriknya

    ReplyDelete
  7. Terima kasih min, jadi tahu artinya, keren penjelasannya

    ReplyDelete